Berita disinfektan kesehatan

2 Metode Sederhana untuk Mendisinfeksi Air Minum

Dalam keadaan darurat, kami perlu mengambil tindakan segera. Kita semua minum air setiap hari dan kita tidak bisa hidup tanpanya. Oleh karena itu, ketersediaan air minum bersih secara teratur adalah yang terpenting. Jika Anda minum air yang didesinfeksi, tubuh Anda akan terpapar pada banyak patogen. Pada artikel ini, kita akan mencari tahu bagaimana Anda dapat mendisinfeksi air dalam situasi darurat.

Anda membutuhkan air untuk mencuci piring dan memasak makanan di dapur Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengikuti metode yang diberikan di bawah ini untuk memastikan Anda memiliki air bersih untuk digunakan.

Cari Sumber Air

Pertama-tama, penting bagi Anda untuk mencari sumber air yang baik. Misalnya, Anda dapat menuju ke lahan basah, waduk, danau, dan anak sungai, hanya untuk beberapa nama. Jika Anda mampu, Anda dapat memiliki sumur pribadi yang digali di properti Anda. Sumur ini akan memberi Anda banyak air tawar secara teratur.

Diberikan di bawah ini adalah beberapa aturan yang dapat membantu Anda menentukan sumber air yang aman untuk memenuhi kebutuhan harian Anda:

  • Air yang mengalir jauh lebih baik daripada air yang tergenang
  • Lebih baik hindari air berwarna gelap
  • Sebaiknya hindari air yang mengeluarkan bau aneh
  • Sebaiknya hindari air yang memiliki sesuatu yang mengambang di permukaannya

 

Rebus Air untuk Mendisinfeksi

Menurut WHO, jika Anda ingin membunuh protozoa, virus, bakteri, dan patogen, yang perlu Anda lakukan hanyalah merebus air yang ingin Anda gunakan. Diberikan di bawah ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Jika air yang Anda miliki keruh, Anda harus mendiamkannya sebentar lalu menyaringnya melalui penyaring kopi, handuk kertas, dan kain bersih.

2. Rebus air selama beberapa menit dengan tutup wadah. Tujuan dari menutup wadah adalah untuk mencegah kehilangan air. Jika tempat tinggal Anda berada di ketinggian 5.000 kaki, Anda perlu merebus air setidaknya selama 3 menit.

3. Terakhir, simpan air dalam wadah dan tutupi.

Metode Pemutihan

Jika Anda tidak ingin menggunakan metode sebelumnya, Anda dapat menggunakan produk pemutih klorin untuk sanitasi dan desinfeksi. Pastikan bahannya mengandung setidaknya 6% natrium hipoklorit. Bukan ide yang baik untuk mencoba pemutih yang aman untuk warna atau pewangi yang mengandung pembersih. Diberikan di bawah ini adalah hal-hal yang Anda butuhkan dan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.

  • Penetes
  • Pemutih klorin yang mengandung 6% natrium hipoklorit

 

Langkah-langkah untuk Diikuti:

1. Jika air terlihat keruh, sebaiknya diamkan beberapa saat kemudian saring menggunakan selembar kain atau handuk kertas.

2. Selanjutnya, tambahkan beberapa tetes pemutih ke dalam air. Sebagai aturan umum, Anda bisa menambahkan 6 tetes pemutih ke dalam satu galon air. Namun, Anda perlu menambahkannya lebih banyak jika airnya sangat dingin, berwarna, dan keruh.

3. Setelah menambahkan pemutih, Anda harus mengaduk wadah dan membiarkannya setidaknya selama setengah jam.

4. Jika rasa kaporit terlalu kuat, Anda bisa menuangkan air ke wadah lain dan diamkan selama beberapa jam.

Jadi, ini adalah dua metode sederhana untuk mendisinfeksi air dalam beberapa menit atau jam. Semoga ini membantu.

Jika Anda memiliki masalah dengan virus yang berbahaya, Anda dapat menghubungi jasa penyemprotan disinfektan yang sangat profesional dan dapat di andalkan.